Kamis, 24 Maret 2011

BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

oleh : HENDRIYANSYAH
berbicara masalah belajar dan hasil belajar, tentunya sanagt banyak perbedaan dan tafsiran dari para ahli. oleh karena itu saya akan mengulas sedikit pengertian tentang belajar.
Pendapat lain tentang belajar dikemukakan oleh Sardiman menyatakan bahwa ”Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya membaca, mengamati,mendengar, meniru, dan lain sebagainya”.
Lebih lanjut Sardiman mengemukakan bahwa “Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan,keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, dan penyesuaian diri.
Dari berbagai pendapat di atas tentang pengertian belajar dapat dibuat kesimpulan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku seseorang yang terjadi akibat adanya usaha yang di lakukan oleh orang itu sendiri.
Dalam setiap manusia untuk mencapai tujuan selalu diikuti dengan pengukuran dan penilaian, demikian juga dengan proses belajar juga diikuti dengan pengukuran dan penelitian.Hasil belajar adalah merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Perubahan tingkah laku dalam belajarsudah ditentukan terlebih dahulu, sedangkan hasil belajar ditentukanberdasarkan kemampuan siswa. Penekanan hasil belajar adalah terjadinya perubahan dari hasil masukan pribadi berupa motivasi dan harapan untuk berhasil dan masukan dari lingkungan berupa rancangan dan pengelolaanmotivasional tidak berpengaruh langsung terhadap besarnya usaha yang dicurahkan oleh siswa untuk mencapai tujuan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar